Social Icons

Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Saturday 21 February 2015

Mau Sholat Ingat Belum Sholat

Tanya : 
Asslamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.....
Mau tanya ustadz, jika seorang tidak melakukan sholat pada waktunya - dhuhur misalnya - kemudian dia baru ingat shalat ashar sedang dilaksanakan, apakah dia ikut berjamaah dengan niat Ashar atau dengan niat Dhuhur ? atau shalat Dhuhur sendirian dahulu kemudian shalat Ashar. Apakah maksudnya ucapan para fuqaha "Jika dikhawatirkan sholat yang sedang ada waktunya tidak dapat dilakukan maka gugurlah urutannya", apakah kekhawatiran tidak mendapatkan jama'ah menggugurkan urutan sholat ? 
Jazakumullah khairan.....
Abdullah, Purworejo
Jawab :
 Wa'alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh...
Sholat adalah ibadah yang tidak boleh tertinggal dan harus dilakukan tepat waktu. Namun jika ternyata terlupa, karena sebuah kesibukan atau terlalu letih kemudian ketiduran, maka yang benar menurut syariat bagi orang yang mengalami hal tersebut, hendaknya dia shalat bersama jama'ah dengan niat sholat Dhuhur. Kemudian setelah itu sholat Ashar, karena wajib menjaga urutan sholat (Dhuhur didahulukan dari Ashar, dan seterusnya). Dan hal tersebut tidak gugur hanya karena kekhawatiran tidak mendapatkan jama'ah.
Adapun ucapan para fuqaha rahimahumullah "jika dikhawatirkan keluarnya waktu sholat yang ada maka gugurlah urutannya" maksudnya adalah bagi orang yang terlewat dari waktu sholat tertentu, maka (jika ingin mengqoda'nya), dia harus melakukannya sebelum melakukan sholat yang sedang ada waktunya. Tetapi jika waktu sholat tersebut sempit maka sholat yang sedang ada waktunya tersebut dia dahulukan. Misalnya seorang belum melakukan sholat Isya', dan dia baru ingat sesaat sebelum terbitnya matahari, padahal saat itu dia belum sholat shubuh, maka dia sholat shubuh dahulu sebelum hilang waktinya, karena waktu tersebut telah ditetapkan untuk sholat suhuh, setelah itu dia mengqodha sholatnya. Demikian, semoga bermanfaat...
Redaksi

No comments:

Post a Comment